GarasiMobilku.com adalah tempat iklan jual beli mobil bekas di semarang. GRATIS!
Beranda » Bengkel » Cara Merawat AC

Cara Merawat AC

P Iklan ini diterbitkan pada: 4 May 2012 , Kategori:

Cara Merawat AC
  • Nomor Iklan: 1915
  • Dilihat: 147 kali

  • U Hubungi Pengiklan
  • Nama:
  • Domisili: ,
  • Lihat semua iklan dari member ini - 27 iklan
  • Tips: Lakukan transaksi dengan cara bertemu langsung dengan penjual dan mari bersama kita bangun budaya jual-beli yang aman dan sehat
  • Ingat! Hindari membayar dimuka & hati-hati dengan iklan yang tidak realistis.

Deskripsi ] Cara Merawat AC

Cara Merawat Sistem Pendingin ( AC)

Memang benar juga suatu pendapat yang dilontarkan khalayak. Mereka mengatakan bahwa “kenyamanan lebih mahal harganya”. Bagi sebagian orang, mungkin hal itu kurang benar. Barangkali saja mereka bisa mendapatkan kenyamanan dengan harga yang lebih murah daripada orang lain.

Dalam dunia bisnis mobil, unsur kenyamanan kini menjadi tuntutan standar konsumen. Pada dasarnya, konsumen di Indonesia, sudah semakin kritis dan tinggi tuntutannya. Salah satu bentuknya, mereka kurang berminat jika kendaraan yang dijual tidak mempunyai perangkat AC. Apalagi jika kendaraan itu terus digunakan setiap hari di kota Jakarta yang suhu udaranya tergolong panas.

Dengan adanya perangkat pendingin dalam kendaraan, kenyamanan tentu lebih baik lagi. Tidak perlu keringatan dan hawa udaranya relatif segar. Namun demikian, jangan lupa, sistem AC juga mempunyai sejumlah kelemahan. Jika pemilik tidak memperhatikan, kelemahan itu bisa menjadi bahaya potensial, hasil akhirnya, tongpes alias kantong kempes untuk biaya perbaikan serta perawatan kendaraan dan sang pemilik sendiri.

Kebanyakan beberapa penyakit berbahaya yang melanda sistem pendingin udara, sebenarnya bisa diketahui lebih cepat. Tentunya dengan beberapa tindakan sederhana yang hanya memakan waktu beberapa menit saja. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat waktu, uang, dan yang pasti kenyamanan selama berkendara dapat terus dijaga.

Saat ini banyak sistem pendingin udara yang masih mengandalkan tenaga mesin untuk menggerakkan perangkat kompresornya. Untuk menggerakkan kompresor, digunakan sabuk penggerak berupa tali kipas kompresor atau (AC compressor fan belt). Banyak kerusakan terjadi lantaran sabuk penggerak kompresor AC yang satu ini jarang diperhatikan pemilik mobil. Mereka lebih banyak diingatkan untuk mengganti tali kipas pompa air. Akibatnya, belakangan hari timbul banyak masalah.

Gejala selanjutnya yang sering dirasakan pemilik adalah AC kurang dingin. Padahal mungkin saja disebabkan sabuk penggerak kompresor AC kurang kencang alias kendur. Selain itu, usia yang bertambah juga menyebabkan sabuk penggerak AC ini menjadi selip dan aus. Kondisi ini menyebabkan timbulnya suara mencicit pada puli kompresor. Atau bisa juga sabuk penggeraknya sudah rengat dan berserat-serat.

Kalau sudah begini, jangan tunda lagi. Jika hanya sekadar kendur, bisa disetel dan dikencangkan kembali.

Kadang-kadang saat AC dihidupkan, apalagi ketika kopling magnet bekerja, terdengar suara tek… tek… itu normal, karena adanya gerakan menempel dan melepas kopling magnet setelah dialiri arus listrik pada puli kompresor. Namun sering juga terdengar suara tidak lazim, terutama saat kompresor bekerja.

Untuk memastikan asal suara itu, perlu dipersempit sumbernya. Bisa jadi sumbernya berasal dan baut-baut pengikat dudukan kompresor AC pada blok mesin yang mulai mengendur. Sehingga saat kompresor “bergoyang”, baut-bautnya pun ikut-ikutan goyang.

Ada kalanya, sumber suara berasal dan bagian dalam kompresor AC sendiri Kalau diperkirakan masalahnya berasal dan sini, dapat didengar dan bunyi mengorok macam kiok… kiok… yang teratur dan kompresor AC. Bunyi seperti ini mempunyai frekuensi yang mengikuti putaran kompresor AC. Semakin tinggi putaran kompresor AC, maka suara mengorok yang terdengar pun macam “orkes sakit telinga”.

Penyebab utama “musik rusak” itu ada dua macam. Pertama, ada beberapa bantalan atau bearing di dalam kompresor AC yang sudäh oblak dan minta segera dipensiunkan. Hal semacam ini adalah wajar, sebab setiap bantalan tentunya mempunyai batas masa pakai.

Penyebab kedua, oli atau minyak pelumas kompresor mulai berkurang. Sebenarnya masalahnya berarti sudah meluas, karena bisa jadi itu menandakan adanya kebocoran oli di tempat lain. Jika sudah terdengar suara mengorok dari dalam kompresor AC, segera bawa kendaraan Anda ke bengkel spesialis ac untuk menjalani “operasi pembedahan”. Sebab, pada kondisi seperti ini, kompresor AC harus dibongkar.

Jika ac terasa kurang dingin atau kemampuannya menurun, coba perhatikan radiator pendingini AC. Perangkat itu nama lainnya adalah AC condensor atau kondensor AC. Tugas kondensor AC adalah mendinginkan dan menyerap panas dan refrigerant cair yang berbentuk gas.

Kondensor AC ini terletak paling depan, dan lebih maju daripada radiator pendingin mesin. Dampak sampingnya, debu dan segala macam kotoran jalanan paling senang bersarang di tempat ini. Sebaiknya lakukan pembersihan dan pencucian secara berkala. Gunakan pembersih khusus.

A Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Perhatian! Iklan Jual Beli Mobil Bekas Baru di Semarang GarasiMobilku.com selaku penyedia layanan situs pasang iklan baris tidak bertanggung jawab terhadap isi iklan. Harap berhati-hati dan bijaksana dalam menanggapi iklan yang menyesatkan. Segala materi/content iklan maupun banner iklan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemasang iklan tersebut.

r Iklan Terkait Cara Merawat AC

Cara Merawat Ban

Cara Merawat Ban

P 13 May 2012 , U ? ,

Cara Merawat Ban JIKA dianalogikan sebagai manusia, ban mobil atau sepeda motor bisa dianggap sama seperti alas kaki, baik berupa sandal ataupun sepatu. Kenyamanan berjalan... Selengkapnya)

Cara Merawat baterai ( Accu )

Cara Merawat baterai ( Accu )

P 23 April 2012 , U ? ,

Cara Merawat baterai ( Accu ) Komponen yang berfungsi sebagai nyawa untuk menghidupkan mesin ini sering terabaikan oleh pemilik kendaraan. Umumnya, pemilik kendaraan baru memperhatikannya... Selengkapnya)

Cara Merawat Transmisi dan Penggerak Akhir

Cara Merawat Transmisi dan Penggerak Akhir

P 26 April 2012 , U ? ,

Cara merawat tranmisi dan Penggerak akhir Walaupun peranan benda ini tergolong penting, namun umumnya konsumen bermotor roda empat tidak terlalu peduli dengan kondisi ’kesehatannya’. Pasalnya,... Selengkapnya)